- Mari Terus Berkarya, Berkreasi dan Berinovasi -
Home » , , , » Materi Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti BAB I - Ajaran Buddha

Materi Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti BAB I - Ajaran Buddha

Gambar 1.3.

A. Ajaran Buddha
Simaklah wacana berikut ini dengan saksama!
Agama bagi Kehidupan Anak-anak, kamu saat ini duduk di bangku SMA/SMK. Kamu hendaknya bersyukur dapat melanjutkan sekolah ke jenjang pendidikan menengah. Sebagai wujud rasa syukur, kamu dapat lebih rajin belajar dan senantiasa dapat mengembangkan diri sehingga menjadi Buddhis yang lebih baik.

Perhatikan Gambar 1.3. Dari gambar tersebut, apa yang kamu lihat?

Tentu kamu dapat melihat aktivitas kehidupan manusia yang dengan percaya dirinya melakukan perbuatan hidup yang tidak sejalan dengan norma hukum bahkan norma agama. Salah satu perilaku manusia menganggap hidup ini tidak perlu aturan agama karena dipandang agama tidak penting bagi kehidupan.

Buddha mengajarkan dengan jelas dan terdapat pada ”Pancasila Buddhis” ”Surameraya majjapamadatthana veramani sikkhapadamsamadiyami” yang artinya aku bertekad akan melatih diri menghindari minuman keras yang menyebabkan lemahnya kesadaran. Sila ini jelas sekali peranannya untuk mengingatkan manusia agar hidup normal dan selaras dengan agama dan masyarakat. Selain bertentangan dengan agama dan norma masyarakat juga ancaman hukum negara sangat berat. Pada bab ini kamu akan belajar tentang arti penting agama bagi kehidupan. Kamu diharapkan mampu menganalisis pentingnya agama bagi kehidupan manusia karena dalam kehidupan sebagian manusia memandang agama tidak diperlukan lagi.


0 komentar:

Posting Komentar

Agenda Tahun 2018

1. Tanggal 5 - 6 Januari Temu Pelatih Nasional dan Pengukuhan Pelatih Nasional IGI 2018. 2. Tanggal 22 April; Video Converenc Maluku Belajar 3. Tanggal 28 April; Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Bidang TIK - Tana Toraja Sulsel. 4. Tanggal 29 - 30 Juni 2018; Workshop Pengembangan Media Pembelajaran Dhammasekha Berbasis IT - Selat Panjang Kep. Mranti Kep. Riau. 5. Tanggal 25 - 27 Juli; Workshop Multimedia Pembelajaran Provinsi RIau

Translate

Instagram

My Facebook

Entri Populer

Diberdayakan oleh Blogger.