- Mari Terus Berkarya, Berkreasi dan Berinovasi -
Home » , , , , » Stupa - Lambang-lambang Buddhis

Stupa - Lambang-lambang Buddhis




Adalah bangunan yang bentuknya menyerupai genta atau kubah, tempat menyimpan relik Buddha atau orang suci. Relik adalah sisa tubuh orang yang telah mencapai kesucian bila telah di kremasi bentuknya seperti batu. Buddha menyatakan bahwa dengan mendirikan stupa, mengingatkan orang kepada Buddha sehingga timbul ketenangan dan kebahagiaan. Stupa menjadi lambang pencerahan. (Pagoda maksudnya sama dengan stupa)


Di India kuno, bangunan stupa digunakan sebagai makam, tempat menyimpan abu kalangan bangsawan atau tokoh tertentu. Di kalangan Buddha, stupa menjadi tempat menyimpan abu sang buddha sendiri. Setelah wafat lalu dikremasi, abu buddha disimpan dalam delapan stupa terpisah yang didirikan di India Utara.
Dalam perkembangannya, stupa menjadi lambang Buddhisme itu sendiri. Semasa pemerintahan Ashoka, dibangun banyak stupa untuk menanandakan kedudukan Budddha sebagai agama utama di India. Demikian pula di Asia Timur dan Asia Tenggara, stupa didirikan sebagai bukti pengakuan terhadap Buddhisme di wilayah yang bersangkutan. Bagi kita sekarang, stupa dapat menjadi petunjuk seberapa luas Buddhime tersebar di suatu wilayah.
Sebagai lambang peerjalanan sang Budddha masuk ke nirwana, bangunan terdiri atas 3 bagian, yaitu andah, yanthra, dan cakra. Pembagian dan maknanya tidak jauh berbeda dengan candi.



Bangunan stupa di Indonesia memiliki kekhasan tersendiri dibandingkan di India maupun di Asia Timur. Di tempat lain banyak bangunan stupa yang berdiri sendiri. Sedangkan di Indonesia, lebih sering dijumpai bangunan stupa yang menjadi bagian candi, seperti Candi MendutCandi BorobudurCandi Jawi.


0 komentar:

Posting Komentar

Agenda Tahun 2018

1. Tanggal 5 - 6 Januari Temu Pelatih Nasional dan Pengukuhan Pelatih Nasional IGI 2018. 2. Tanggal 22 April; Video Converenc Maluku Belajar 3. Tanggal 28 April; Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Bidang TIK - Tana Toraja Sulsel. 4. Tanggal 29 - 30 Juni 2018; Workshop Pengembangan Media Pembelajaran Dhammasekha Berbasis IT - Selat Panjang Kep. Mranti Kep. Riau. 5. Tanggal 25 - 27 Juli; Workshop Multimedia Pembelajaran Provinsi Riau 6. Tanggal 30 Juli - 1 Agustus; Workshop Multimedia Pembelajaran Provinsi Riau. 7. Tanggal 30 Oktober - 01 November; TOT Penyusunan Soal USBN 8. Tanggal 18 - 21 November; Workshop Pemanfaatan TIK untuk pembelajaran Provinsi Lampung.

Translate

Instagram

My Facebook

Post Popular

Dukung Kang Widi dalam gelaran Anugerah ASN 2018 Kategori PNS Inspiratif 2018

Mohon dukungan kepada segenap pembaca, berikan informasi positif tentang saya; Kang Widi (Widi Astiyono) kirim ke email  anugerahasn2...

Entri Populer

Diberdayakan oleh Blogger.