- Mari Terus Berkarya, Berkreasi dan Berinovasi -
Home » , , , , » Buddha Rupang - Lambang-lambang Buddhis

Buddha Rupang - Lambang-lambang Buddhis



Buddha-rupang merupakan simbol atau gambaran Buddha sebagai sarana puja bhakti. Sebutan rupang mengandung arti “bentuk materi yang dapat tercerai berai.
Temuan arca Buddha yang paling tua berasal dari penggalian di Peshawar, India Utara tertanggal tahun pertama pemerintahan Raja Kanishka (78 M).


Buddha-rupang maupun gambar Buddha dapat dianggap seperti sebuah potret seseorang yang kita kagumi dan kita cintai. Pada saat melihatnya timbul ketenangan, menguatkan ingatan kita kepada yang bersangkutan. Kita memberi hormat di depan arca Buddha sebagai unngkapan syukur dan terimakasih atas jasa-jasa Buddha yang telah mengajarkan kebenaran dan sebagai obyek konsentrasi.

Dapat kita jumpai banyak sekali model-model dan posisi Buddha-rupang dari berbagai negara, berikkut ini beberapa contoh Buddha-rupang;










Next: Stupa

0 komentar:

Posting Komentar

Agenda Tahun 2018

1. Tanggal 5 - 6 Januari Temu Pelatih Nasional dan Pengukuhan Pelatih Nasional IGI 2018. 2. Tanggal 22 April; Video Converenc Maluku Belajar 3. Tanggal 28 April; Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Bidang TIK - Tana Toraja Sulsel. 4. Tanggal 29 - 30 Juni 2018; Workshop Pengembangan Media Pembelajaran Dhammasekha Berbasis IT - Selat Panjang Kep. Mranti Kep. Riau. 5. Tanggal 8 - 10 Agustus; Workshop Juri Sippa Dhamma Samajja 2018 - Banten. 6. Tanggal 8 - 12 Oktober; Juri Sippa Dhamma Samajja 2018.

Translate

Instagram

My Facebook

Entri Populer

Diberdayakan oleh Blogger.